TREN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI PADA SAAT INI DAN MASA DEPAN

12/24/2016 06:07:00 PM

Untuk dapat menjadi manusia yang unggul di masa yang akan datang, salah satunya adalah mampu menguasai dan mampu membaca dan berada pada trend Perkembangan Teknologi Komputer. Siapa yang dapat menyangka bahwa teknologi komputer berkembang dengan sangat pesat, dan juga menjadi salah satu bagian yang cukup vital dalam kehidupan sehari-hari.
Pada awalnya komputer digunakan layaknya menghitung, karena kata komputer sendiri berasal dari kata “to compute” yaitu untuk menghitung. Seiring waktu pun teknologi komputer yang dikembangkan bukan hanya sekedar mesin penghitung tapi juga mesin yang dapat memproses data.
Data yang awalnya berjumlah kecil dan algoritma yang sederhana, perlahan semakin besar dan kompleks. Melihat perkembangan itu, jika disadari setiap masa waktu, memiliki trend perkembangan teknologi komputer yang berbeda sesuai dengan keadaan masa jaman saat itu. Hal tersebut dikarenakan kemampuan teknologi komputer yang berbeda-beda pula.
Komputer pada awalnya adalah sebentuk mesin yang sangat besar. Semakin kompleks kemampuannya, maka semakin besar pula ukuran komputer tersebut. Bahkan mampu mengisi setengah ruangan kamar kita. Pada saat itu aplikasi atau sistem operasi pilihannya hanyalah sedikit dengan kemampuan yang terbatas pula.
Sistem operasi yang digunakan memiliki fungsi sebagai aplikasi yang membuat agar kita dan komputer bisa berkomunikasi. Salah satu sistem operasi cukup dikenal saat itu bagi para pengguna komputer adalah sistem operasi Unix. Lalu perlahan trend perkembangan teknologi komputer berubah.
Berikut adalah contoh nyata trend teknologi sistem informasi saat ini

1. Smart Car
Smart Car
Smart Car
Teknologi smart car atau bisa dibilang "mobil tanpa sopir" ini mulai ngetrend di akhir tahun 2015 ini. Produsen produsen IT besar seperti Google dan Apple mulai berlomba lomba mengembangkan teknologi mobil smart car ini. Saat ini, pengembangan smart car ini sendiri sedang mencapai tahap pengujian keamanan. Mobil ini sendiri tidak akan dilengkapi dengan kemudi manual, karena navigasi akan berbekal pada maps, seperti Google Maps, jadi kita tinggal menyebutkan tujuan kita maka mobil ini akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Nah, teknologi smart car ini diprediksi akan menjadi salah satu trend teknologi di tahun 2016.
2. Motion Sensor 
Ilustrasi Motion Sensor
Ilustrasi Motion Sensor
Saat ini, beberapa vendor mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Itu artinya minimal tahun depan, kita sudah bisa mengendalikan sistem sistem disekitar kita, seperti: tv, hp, ac, dll, hanya dengan menggerakkan tangan tanpa menyentuh benda benda tersebut. Keren bukan? Apa yang dulu hanya ada di film film bergenre sains fiksi ini kini mulai diwujudkan. Motion Sensor diprediksi akan menjadi trend teknologi di tahun 2016.
3. Robot yang Semakin Mengerti Manusia
Robot Asimo
Robot Asimo
Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mencapai tahap yang luar biasa. Robot Asimo buatan Honda ini misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang membuatnya bisa berbicara dengan manusia. Nah, dengan perkembangan teknologi sensor yang semakin maju, bukan tidak mungkin robot robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko, namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia.
4. Aplikasi Berbagi Uang

Snapcash
Snapcash
Saat ini proses pertukaran uang tidak lagi manual. Dengan adanya e-banking bertukar uang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 menit. Nah, di 2016 bukan tidak mungkin akan diluncurkan aplikasi berbagi uang. Snapcash, salah satu aplikasi berbagi uang yang diperkirakan akan diluncurkan di 2016. Pengguna snapchat akan memiliki fitur untuk berbagi uang di antara penggunanya. Bagaimana? Anda tertarik menunggu aplikasi ini diluncurkan? Kita tunggu saja salah satu aplikasi yang diprediksi akan menjadi trend teknologi di tahun 2016 ini.

5. Everything via Smartphone


Everything via Smartphone
Everything via Smartphone
Tidak hanya developer aplikasi di luar negeri, para developer aplikasi dalam negeri juga mulai menunjukkan perkembangan yang bagus di tahun 2015 ini. Maka bukan tidak mungkin di 2016 nanti akan banyak kebutuhan kebutuhan kita yang bisa dipenuhi hanya semudah menekan sebuah tombol di smartphone. Gojek, Saytaxi, Ubber dll adalah beberapa contoh kemudahan pemesanan angkutan umum hanya lewat smartphone. Juga di dukung dengan koneksi internet yang makin cepat, maka bukan tidak mungkin di 2016 nanti kita bisa memesan makanan, barang, tukang servis, dll hanya lewat smartphone saja.

6. Be My Eyes di Android

Be My Eyes
Be My Eyes
Be My Eyes adalah aplikasi untuk membantu orang yang buta untuk dapat 'melihat' apa yang ada disekitarnya melalui aplikasi ini. Cara kerjanya adalah orang yang buta dan ingin mengetahui barang/tulisan apa yang ada di depannya maka dia tinggal mengambil video barang/tulisan itu dengan aplikasi ini. Nah aplikasi ini terhubung dengan orang yang bisa membantu untuk melihat apa yang ada di depan orang yang buta melalui video itu. Aplikasi ini sendiri saat ini baru tersedia di Apple Store saja, maka di tahun 2016 nanti aplikasi ini diharapkan sudah bisa berjalan di Android.

7. Fast Charging

Fast Charging
Fast Charging
Charging saat ini dianggap sebagai hal yang menghabiskan waktu. Waktu charging yang lama, membuat kita harus menunggu beberapa jam untuk menggunakan smartphone yang sedang kehabisan baterai. Maka, di tahun ini sedang dikembangkan teknologi fast charging yang memungkinkan batrai bisa diisi penuh hanya dalam puluhan bahkan belasan menit saja. Tentu teknologi ini adalah yang sedang kita tunggu bukan?? Mari kita tunggu saja bagaimana fast charging akan menjadi salah satu dari trend teknologi di tahun 2016.

8. 3D Printer

3D Printer
3D Printer
Saat ini 3D printer memang sudah dikembangkan bahkan sudah mulai dipasarkan. Namun, untuk saat ini 3D printer masih sangat mahal dan sulit untuk dijangkau kalangan menengah. Pemasarannya juga masih terbatas hanya di beberapa negara saja. Itulah sebabnya, di tahun 2016 nanti, para pengembang teknologi 3D printer akan membuat alat ini semakin mudah dijangkau, baik secara pemasaran maupun secara harga.

9. Virtual Reality

Virtual Reality
Virtual Reality
Teknologi virtual reality adalah teknologi yang membuat kita seolah olah sedang ada di dunia game. Teknologi ini sendiri sudah mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Nah, di tahun 2016, teknologi ini akan dipasarkan ke negara negara asia seperti Indonesia. Nah, para gamer sudah tidak sabar lagi bukan??? Kita tunggu saja.

10. Hololens

Hololens
Hololens
Saat ini Microsoft tengah mengembangkan teknologi hololens. Hololens merupakan kebalikan dari virtual reality. Kalau virtual reality membawa kita ke dunia imajinasi, maka hololens membawa imajinasi ke dunia nyata. Dengan hololens, maka sesuatu yang dulunya hanya tampil di layar kini seolah olah akan ada melayang layang disekitar kita. Kita bisa menonton film dengan duduk biasa dan memakai hololens tanpa perlu memiliki layar/monitor. Sangat hebat bukan???

dan berikut adalah prediksi tren teknologi SI di tahun 2017 menurut Gartner.




Tren Teknologi Industri 2017 Menurut Prediksi Gartner

1. AI dan Advanced Machine Learning

teknologi-menjadi-tren-2017-1
Machine Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.

2. Intelligent Apps

teknologi-menjadi-tren-2017-2
Contoh dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

3. Intelligent Things

teknologi-menjadi-tren-2017-3 
Intelligent Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.

4. VR dan AR

teknologi-menjadi-tren-2017-4 
Sekarang ini, teknologi VR dan AR ibaratnya baru terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.

5. Digital Twin

teknologi-menjadi-tren-2017-5 
Digital Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.

6. Blockchain

teknologi-menjadi-tren-2017-6 
Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

7. Conversational System

teknologi-menjadi-tren-2017-7 
Di masa depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

8. Mesh App and Service Architecture

teknologi-menjadi-tren-2017-8 
Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

9. Digital Technology Platforms

teknologi-menjadi-tren-2017-9 
Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

10. Adaptive Security Architecture

teknologi-menjadi-tren-2017-10 
Perkembangan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain.

sumber: 
http://kamilamiaa.blogspot.co.id/2016/11/profesi-sistem-informasi-dan-trend.html
http://www.detikbaru.com/2015/11/10-trend-teknologi-di-tahun-2016.html 
https://jalantikus.com/gadgets/teknologi-yang-menjadi-tren-2017/

You Might Also Like

1 comments